Ikatan Elektromedis Indonesia Gelar Seminar Pengendalian Infeksi Peralatan Medis

By Admin

nusakini.com--Dalam meningkatkan kompetensi akreditasi Rumah Sakit maupun Puskesmas di Kota Surabaya, Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI) mengadakan seminar dengan tema Pengendalian Infeksi Peralatan Medis Ruang Operasi, ICU Dan Ruang Isolasi. Bertempat di Hotel Garden Palace acara yang diselenggarakan pada, Jum'at (15/9) dan dihadiri oleh sekitar 70 peserta dari Elektromedis dan Perawat. 

Kebersihan serta kenyamanan dalam sebuah rumah sakit dan puskesmas harus senantiasa dijaga, begitupula dengan peralatan medis yang digunakan tenaga medis untuk mengobati pasien haruslah bersih dan steril. Dengan itu maka Seminar Pengendalian Infeksi Peralatan Medis Ruang Operasi, ICU Dan Ruang Isolasi diadakan guna memberikan informasi kepada para Elektromedis dan Perawat.  

Sebelum acara seminar dimulai, Walikota Surabaya yang diwakili oleh Bisukma Kurniawati selaku PLH dari Dinas Kesehatan memberikan sedikit sambutan kepada para peserta seminar. "Saya hanya ingin mengingatkan sekali lagi, jangan sampai lalai mengecek Surat Ijin Praktek (SIP) meskipun sesibuk apapun anda tolong ini diperhatikan. Dan juga saya mohon IKATEMI ini senantiasa memperhatikan anggota-anggotanya untuk selalu mengecek SIPnya" ujar Bisukma.  

Bisukma meneruskan bahwa masyarakat saat ini semakin kritis dalam berfikir dan juga sudah banyak masyarakat yang mengerti tentang undang-undang kesehatan. Ia menambahkan bahwa sekarang pelayanan di rumah sakit menjadi hal yang sensitif di masyarakat maka dari itu Bisukma menghimbau agar selalu memperhatikan SIP, dan apabila ada SIP yang bermasalah atau sudah mati mereka tidak boleh lagi menerima pasien.  

Dengan diadakannya acara ini Bisukma berharap bisa lebih meningkatkan kompetensi peserta seminar. Dan juga seluruh rumah sakit yang ada di Surabaya bisa memiliki akreditasi karena dalam dunia medis kesehatan dan keselamatan pasien adalah prioritas utama 

Setelah memberikan sambutannya, Bisukma Kurniawati selaku PLH dari Dinas Kesehatan resmi membuka acara seminar dengan menabuh gong sebanyak 3 kali yang disaksikan oleh seluruh peserta seminar. (p/ab)